RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama Sekolah : SMA N 1
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ II
Pertemuan : I
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi : 2. Kemampuan Memahami Manajemen
Kompetensi Dasar : 2.1 Kemampuan Memahami Konsep
Manajemen
I.
Indikator : 2.1.
mendiskripsikan konsep manajemen
2.1.2 membedakan
tingkatan- tingkatan manajemen
2.1.3 mendiskripsikan
prinsip dan fungsi manajemen
2.1.4 mendiskripsikan bidang-bidang manajemen
II. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa
di harapkan mampu:
·
Mengetahui konsep manajemen
·
Mengetahui dan memahami
tingkatan-tingkatan manajemen
·
Mengetahui dan memahami prinsip dan fungsi
manajemen
·
Mengetahui dan memahami bidang-bidang
manajemen
III.
Materi Pembelajaran :
A.
Pengertian Manajemen
Manajemen dapat di
artikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang
dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
B.
Tingkat-Tingkat Manajemen
1.
Top
Management atau manajemen tingkat atas yang sering
di sebut chief executif officer atau top manager
2.
Midlle
management atau manajemn tingkat menengah sering di sebut
kepala bagian
3.
Lower
management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal pula
dengan istilah operasional( supervisor, kepala seksi,dan mandor)
C.
Prinsip-Prinsip Manajemen
·
Pembagian kerja
Yaitu pembagian kerja
harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian sehingga pelaksanaan kerja
berjalan efektif.
·
Wewenang dan tanggung jawab
Setiap karyawan di
lengkapi dengan wewenang untuk melakukan pekerjaan dan setiap wewenang melekaat
ataudi ikuti pertanggung jawaban.
·
Disiplin
Disiplin merupakan
perasaan taat dan patuh terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.
·
Kesatuan perintah
Dalam melaksanakan
pekerjaan, karyawan harus memperhatiakn prinsip kesatuan perintah sehingga
pelaksanaan kerja dapat dijalankan dengan baik.
·
Kesatuan pengarahan
Dalam melaksanakan
tugas-tugas dan tanggung jawabnya, karyawan perlu diarahkan menuju sasarannya.
D.
Fungsi manajemen
·
Planning
·
Organizing (pengorganisasian)
·
Actuating (menggerakkan)
·
Controlling (pengawasan)
E.
Bidang-Bidang Manajemen
·
Manajemen produksi
·
Manajemen keuangan
·
Manajemen peronalia
·
Manajemen perkantoran
V.
Metode Pembelajaran :
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Pemberian tugas
VI.
Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (15menit)
-
Mengucap salam
-
Berdo’a bersama
-
Menanyakan kondisi siswa
-
Absensi siswa
2. Kegiatan
inti (60menit)
a. Eksplorasi
-
Guru menggali pengetahuan awal dan
pemahaman siswa tentang manajemen
b. Elaborasi
-
Guru menjelaskan tentang konsep
manajemen
-
Guru menjelaskan tingkatan-tingkatan
manajemen
-
Guru menjelaskan prinsip-prinsip dan
fungsi manajemen
-
Guru menjelaskan bidang-bidang manajemen
-
Guru menanyakan materi kepada siswa
apakah siswa sudah mengerti atau belum.
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
c. Konfirmasi
-
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya,(peningkatan terjadinya interaksi)
3. Kegiatan
akhir(15)
-
Guru meninjau kembali materi yang telah
disampaikan (evaluasi)
-
Guru
menyimpulkan
pelajaran
-
Guru
memberi tindak lanjut berupa tugas
-
Guru
menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.
-
Guru mengucap salam.
V.
Sumber belajar, Media dan Alat
·
Buku Ekonomi SMA kelas XII
·
Papan tulis
·
Spidol
·
Penghapus
IV.
Penilaian
·
Tehnik : Tertulis
· Bentuk
: Essay
Instrumen
penilaian
Soal
:
1) Terangkan
pengertian manajemen ?
2) Jelaskan
tingkatan-tingkatan manajemen?
3) Apa
perbedaan antara manajemen bidang produksi dan manajemen bidang personalia?
4) Sebutkan
hambatan-hambatan penerapan fungsi manajemen?
5) Mengapa
dalam manajemen di perlukan bakat-bakat atau inovasi tertentu?
Kunci
jawaban :
1) Manajemen
dapat di artikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan sumber
daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2)
-
Top Management atau manajemen
tingkat atas yang sering di sebut chief executif officer atau top manager
-
Midlle
management atau manajemen tingkat menengah sering di sebut
kepala bagian
-
Lower
management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal pula
dengan istilah operasional( supervisor, kepala seksi,dan mandor)
3) Manajemen
bidang produksi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasi penggunaan
sumber-sumber daya berupa sumber daya manusia,alat,dan sumber daya dana serta
bahan secara efektif dan efisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu
barang atau jasa. Sedangkan Manajemen personalia yaitu bidang ini menitik
beratkan pada sumber daya manusia.
4) Hambatan
nya yaitu:
-
Manajer belum sepenuhnya memahami
berbagai aspek yang
menyangkut tentang
penerapan fungsi manajemen.
-
Manajer belum mampu menjabarkan fungsi
manajemen secara operasional
-
Organisasi belum siap melaksanakan
fungsi manajemen yang telah digariskan oleh manajer.
-
Adanya faktor resiko dn ketidakpastian
didalam pelaksanaan kegiatan.
5) Hal
ini disebabkan oleh kepemimpinan memerlukan kharisma,stabilitas
emosi,kewibawaan,kejujuran,kemampuan menjalin hubungan antar manusia yang
semuanya itu banyak di tentukan oleh bakat seseorang dan tidak dapat di
pelajari.
Tembilahan, 3 November 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru mata
diklat
Drs Sarmuji M. Zainudin
S. Pd Ernisa
Aulia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar