Rabu, 17 Desember 2014

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Nama Sekolah                      : SMA N 1
Mata Pelajaran                     : EKONOMI
Kelas/Semester                     : XII/ II
Pertemuan                            : I
Alokasi Waktu                     : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi            : 2. Kemampuan Memahami Manajemen
Kompetensi Dasar                : 2.1 Kemampuan Memahami Konsep Manajemen

I. Indikator                           : 2.1. mendiskripsikan konsep manajemen
                                               2.1.2 membedakan tingkatan-   tingkatan manajemen
                                               2.1.3 mendiskripsikan prinsip dan fungsi manajemen
                                               2.1.4  mendiskripsikan bidang-bidang manajemen
II. Tujuan Pembelajaran       :
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa di harapkan mampu:
·         Mengetahui konsep manajemen
·         Mengetahui dan memahami tingkatan-tingkatan manajemen
·         Mengetahui dan memahami prinsip dan fungsi manajemen
·         Mengetahui dan memahami bidang-bidang manajemen
III. Materi Pembelajaran      :
A.    Pengertian Manajemen
Manajemen dapat di artikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

B.     Tingkat-Tingkat Manajemen
1.      Top Management atau manajemen tingkat atas yang sering di sebut chief executif officer atau top manager
2.      Midlle management atau manajemn tingkat menengah sering di sebut kepala bagian
3.      Lower management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal pula dengan istilah operasional( supervisor, kepala seksi,dan mandor)
C.     Prinsip-Prinsip Manajemen
·         Pembagian kerja
Yaitu pembagian kerja harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian sehingga pelaksanaan kerja berjalan efektif.
·         Wewenang dan tanggung jawab
Setiap karyawan di lengkapi dengan wewenang untuk melakukan pekerjaan dan setiap wewenang melekaat ataudi ikuti pertanggung jawaban.
·         Disiplin
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.
·         Kesatuan perintah
Dalam melaksanakan pekerjaan, karyawan harus memperhatiakn prinsip kesatuan perintah sehingga pelaksanaan kerja dapat dijalankan dengan baik.
·         Kesatuan pengarahan
Dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya, karyawan perlu diarahkan menuju sasarannya.

D.    Fungsi manajemen
·         Planning
·         Organizing (pengorganisasian)
·         Actuating (menggerakkan)
·         Controlling (pengawasan)

E.     Bidang-Bidang Manajemen
·         Manajemen produksi
·         Manajemen keuangan
·         Manajemen peronalia
·         Manajemen perkantoran
V. Metode Pembelajaran     :
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Pemberian tugas
VI. Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (15menit)
-          Mengucap salam
-          Berdo’a bersama
-          Menanyakan kondisi siswa
-          Absensi siswa

2.      Kegiatan inti (60menit)
a.      Eksplorasi
-          Guru menggali pengetahuan awal dan pemahaman siswa tentang manajemen
b.      Elaborasi
-          Guru menjelaskan tentang konsep manajemen
-          Guru menjelaskan tingkatan-tingkatan manajemen
-          Guru menjelaskan prinsip-prinsip dan fungsi manajemen
-          Guru menjelaskan bidang-bidang manajemen
-          Guru menanyakan materi kepada siswa apakah siswa sudah mengerti atau belum.
-          Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
c.       Konfirmasi
-          Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya,(peningkatan terjadinya interaksi)

3.      Kegiatan akhir(15)
-          Guru meninjau kembali materi yang telah disampaikan (evaluasi)
-          Guru menyimpulkan pelajaran
-          Guru memberi tindak lanjut berupa tugas
-          Guru  menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.
-          Guru mengucap salam.

V. Sumber belajar, Media dan Alat
·         Buku Ekonomi SMA kelas XII
·         Papan tulis
·         Spidol
·         Penghapus
IV. Penilaian
·      Tehnik : Tertulis
·      Bentuk : Essay
Instrumen penilaian
Soal :
1)      Terangkan pengertian manajemen ?
2)      Jelaskan tingkatan-tingkatan manajemen?
3)      Apa perbedaan antara manajemen bidang produksi dan manajemen bidang personalia?
4)      Sebutkan hambatan-hambatan penerapan fungsi manajemen?
5)      Mengapa dalam manajemen di perlukan bakat-bakat atau inovasi tertentu?
Kunci jawaban :
1)      Manajemen dapat di artikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2)     -  Top Management atau manajemen tingkat atas yang sering di sebut chief     executif officer atau top manager
-       Midlle management atau manajemen tingkat menengah sering di sebut kepala bagian
-       Lower management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal pula dengan istilah operasional( supervisor, kepala seksi,dan mandor)
3)      Manajemen bidang produksi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasi penggunaan sumber-sumber daya berupa sumber daya manusia,alat,dan sumber daya dana serta bahan secara efektif dan efisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa. Sedangkan Manajemen personalia yaitu bidang ini menitik beratkan pada sumber daya manusia.
4)      Hambatan nya yaitu:
-      Manajer belum sepenuhnya memahami berbagai aspek yang
menyangkut tentang penerapan fungsi manajemen.
-      Manajer belum mampu menjabarkan fungsi manajemen secara operasional
-      Organisasi belum siap melaksanakan fungsi manajemen yang telah digariskan oleh manajer.
-      Adanya faktor resiko dn ketidakpastian didalam pelaksanaan kegiatan.
5)      Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan memerlukan kharisma,stabilitas emosi,kewibawaan,kejujuran,kemampuan menjalin hubungan antar manusia yang semuanya itu banyak di tentukan oleh bakat seseorang dan tidak dapat di pelajari.





 Tembilahan, 3 November 2014




Mengetahui





  Kepala Sekolah                                                        Guru mata diklat



Drs Sarmuji M. Zainudin S. Pd                                                Ernisa Aulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar